Kamis, 30 Juni 2011

So, Why Protect your Tweets?

Sebelumnya saya udah sering bahas tentang twitter. Singkatnya. twitter berbeda dengan social networking, twitter itu tempat berbagai informasi, konten dan berita tersebar secara cepat.
Kali ini saya bakal ngasih sedikit gambaran dunia twitter dan ngebahas tentang Protected Tweets/Account di twitter.
Kalo digambarin, twitter itu semacam sebuah negara, yang mana penduduknya aktif saling ngasih informasi, ada yang suka dengan informasi itu, dan ada yang gak suka. Yang suka biasanya nyebarin lagi informasi itu ke pendengarnya.
Lebih sempit lagi, saya pernah baca twitter itu semacam sebuah pesta pernikahan, kita ketemu disana dengan temen kita, lalu berbincang-bincang, ada yang membuat keributan, ada yang diem aja cuma merhatiin orang lain. Pokoknya disana kita membentuk kelompok pembicaraan, ngobrol bareng, bergosip, lalu ada yang ketemu musuh, berdebat, sindir-sindiran (yang suka jadi ikut-ikutan, yang nggak suka jadi sebaliknya-unfollow). Waktu pembicaraan kita bagus, bahkan orang yang nggak kita kenal mengikuti/mendengar pembicaraan kita. Disana kita dapat kenalan baru, misal.. temennya dari temen kita. Itulah twitter.
Tapi ada juga beberapa orang yang berbeda di twitter, mereka sekelompok orang yang takut, takut diintai orang lain, takut perkataan mereka didengar orang-orang yang nggak diinginkan dan beberapa alasan lain. Twitter melindunginya, mereka adalah Protected User/Tweet.
Apa itu Protected Tweets? Sebagian dari kita yang pernah ngutak-atik settingan twitter mungkin tau.
image
Protected Tweets ini adanya di akun-akun yang ada gemboknya itu lho.. Jadi inti dari protected tweets ini adalah hanya orang yang udah dapat izin dari user ini yang bisa ngeliat tweetnya. Artinya kita harus request follow akun tersebut dan protected tweets itu juga berarti…
  • Nggak akan muncul di pencarian twitter Protected Tweets itu gak muncul di twitter search, artinya kalo ada orang nyari info dengan kata kunci tertentu dan si user yang memprotect tweet itu ngetweet tentang hal yang sama. Tweetnya nggak akan masuk dalam pencarian.
  • Nggak bisa berpartisipasi di Trending Topic Karena nggak muncul dalam pencarian twitter, otomatis tweet ini juga nggak muncul dalam Trending Topic. Bukan sepenuhnya nggak bisa, yang bisa melihat tweet kita kan cuma yang udah dapat izin follow, jadi tweet kita nggak tersebar maksimal.
  • Nggak tercatat di google Dari dalam twitter aja tweet kita nggak muncul, apalagi di google. Robot google nggak mengindeks tweet dari Protected Tweets
  • Nggak bisa di RT Ya, tweets dari akun yang memprotect tweet nya nggak bisa di retweet (new style retweet). Makanya jangan heran kalau pada beberapa orang tombol RT nya hilang, itu karena mereka memprotect tweetnya.
    user twitter biasa –> 3
    Protected Tweets –> 2
    dan ini jadinya kalo dipaksa pake old-style Retweet di Tweetdeck
1
  • Nggak bisa mention semua orang Ha ga bisa mention?! Ya, bukan maksudnya ga bisa mention. Tapi mention yang kita tulis nggak kesampean ke orang yang nggak follow kita. Jadi, jangan heran kalo ada orang yang nggak bales mention, lah mau dibalas gimana.. kebaca aja nggak. Tweet kita kan di protect dan dia nggak follow kita. Jadi kalau mention minta follow back dari orang yang kita follow tapi kita protected user itu: sama aja bohong.. (tweetnya gak akan kebaca)
Intinya, protected tweets itu semacam buku diary yang digembok, terus kita ngasih kuncinya ke beberapa orang yang udah kita izinin buat ngebaca. Kalau kita gambarin di pesta pernikahan kayak di awal tadi, saat orang-orang ngambil makanan terus duduk berkelompok dan memulai percakapan sampai orang nggak dikenal di sebelahnya ikutan denger bahkan ngobrol juga. Orang-orang yang memprotect tweets ini ibaratnya orang yang datang ke pesta pernikahan, mulai mengambil makanan, terus ngurung diri di sebuah ruangan yang tertutup (plus dikunci lagi!). Yang mau ikutan ngobrol sama dia musti ngetok pintu dulu, baru deh dibukain kuncinya.. Ya gitulah gambarannya.
:nyengir
Banyak orang yang iseng-iseng protected akun tapi nggak tau beberapa poin ini. So, Why Protect your Tweets?
:ohoho

Tapi kalo udah tau konsekuensinya.. terserah yang punya hak :D

5 Zakwannur: So, Why Protect your Tweets? Sebelumnya saya udah sering bahas tentang twitter . Singkatnya. twitter berbeda dengan social networking, twitter itu tempat berbagai inform...

1 komentar:

Posting Komentar

< >